Minggu, 10 Juli 2016

ENERGI ALTERNATIF YANG BERMANFAAT UNTUK KEHIDUPAN KITA








Energi alternatif merupakan energi selain energi utama saat ini (bahan bakar minyak) yang diharapkan tidak akan menimbulkan efek samping (kerugian) dari penggunaan energi tersebut. Pada umumnya energi alternatif digunakan untuk menggantikan energi bahan bakar minyak yang merusak lingkungan.
Dengan menggunakan energi alternatif diharapkan lingkungan akan lebih aman dan kebutuhan akan energi bagi manusia tercukupi. Istilah "alternatif" disini mengandung arti bahwa energi yang digunakan merupakan energi (teknologi) jenis baru (selain bahan bakar minyak) dan tak akan menimbulkan efek berbahaya sebagaimana efek yang bisa ditimbulkan dari energi dengan bahan bakar minyak. Selain itu energi alternatif juga bisa dikatakan sebagai energi yang tujuannya menggantikan penggunaan energi berasal dari alam supaya pengrusakan terhadap alam dan lingkungan bisa dihentikan.
Energi memanglah suatu hal yang sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan ini. Rasanya tanpa adanya energi akan sangat sulit sekali bagi manusia untuk hidup, dalam dunia keseharian semuanya kita lakukan menggunakan energi. Contohnya saja kendaraan yang setiap hari kita gunakan, sadarkah anda bahwa kendaraan tersebut juga membutuhkan energi untuk bisa bergerak? Persoalan akan energi semakin hari semakin memburuk, seiring dengan menipisnya persediaan energi bahan bakar minyak maka manusia dituntut agar berfikir lebih keras memikirkan pengganti dari bahan bakar minyak.
Mungkin anda mengira bahwa Bahan Bakar Minyak (BBM) yang saat ini kita gunakan bukanlah jenis energi alternatif. Padahal BBM merupakan jenis energi alternatif. Dahulu manusia menggunakan minyak ikan paus sebagai Bahan Bakar Minyak, bayangkan setiap harinya terdapat ikan-ikan paus mati untuk diambil minyaknya guna sebagai bahan bakar. Seiring dengan berkembangnya waktu akhirnya manusia mampu menemukan energi alternatif minyak ikan paus, yakni minyak dari fosil. Akhirnya minyak ikan paus digantikan dengan minyak fosil. Akhir-akhir ini minyak dari fosil mulai menipis, dan akhirnya ditemukan lagi energi alternatif lain contohnya saja energi matahari.
Berikut ini merupakan contoh-contoh energi alternatif yang dapat diperbaharui. Seperti yang kita ketahui bahwa energi yang saat ini kita gunakan (BBM) tidak bisa diperbaharui, untuk itu diperlukan adanya anergi alternatif. Contoh energi alternatif yang bisa diperbaharui sebagai berikut.
1.      Energi matahari
Matahari berperan penting dalam siklus kehidupan, tanpa adanya matahari mustahil dunia ini bisa hidup. Selain bermanfaat bagi manusia matahari juga sangat bermanfaat bagi tumbuh-tumbuhan, sinar matahari digunakan oleh tumbuh-tumbuhan untuk melakukan fotosintesis guna memenuhi kebutuhan makanan mereka. Selain sangat bermanfaat bagi tumbuhan, matahari ternyata juga bisa digunakan sebagai penghasil energi alternatif.
Misalnya saja panel surya yang bisa merubah energi panas matahari menjadi energi listrik yang ditampung dalam aki (acumulator). Di beberapa negara maju bahkan telah menciptakan mobil yang sumber energinya berasal dari matahari. Jika seandainya penggunaan energi matahari semakin dikembangkan, bukan tidak mungkin jika suatu saat matahari menjadi sumber energi utama bagi manusia. Keuntungan menggunakan energi matahari adalah jumlahnya yang tak terbatas dan mudah sekali untuk didapatkan.
2.      Energi Air
Air terjun selain dimanfaatkan sebagai sarana objek wisata juga dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir air pada mesin penghasil tenaga listrik. Air terjun mempunyai arus yang deras, aliran arus yang deras tersebut mengandung energi gerak yang dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir air. Semakin cepat arus yang mengalir makin cepat kincir air berputar dan makin besar arus listrik yang dihasilkan. Contoh pembangkit listrik yang menggunakan air sebagai pembangkit energi listrik adalah PLTA Jatiluhur dan Karangkates.
3.      Energi Biogas
Energi biogas bisa diperoleh dari kotoran-kotoran, baik kotoran hewan, manusia maupun dari sampah. Pada biogas, memanfaatkan bakteri tertentu yang bisa menghasilkan suatu gas yang mudah terbakar. Gas inilah yang bisa digunakan oleh manusia sebagai energi alternative. Gas ini ramah terhadap lingkungan sehingga bisa dijadikan sebagai energi alternative pengganti energi gas yang ada saat ini (LPG).
Di Indonesia sendirisudah ada beberapa daerah yang mulai menggunakan biogas untuk kepentingan energi sehari-hari, misalnya saja untuk memasak. Karena gas yang dihasilkan mudah terbakar sehingga sangat cocok jika digunakan untuk memasak.
4.      Energi Angin
Angin termasuk sumber energi alternatif yang dapat diperbarui. Keuntungan energi angin adalah murah aman bersih, bebas bahan bakar dan polusi. Pemanfaatan energi angin sebagai sumber energi alternatif antara lain:
·         Angin biasa dimanfaatkan untuk pelayaran.
·         Angin dapat dimanfaatkan untuk olahraga.
·         Angin dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin angin (aero generator) pada pembangkit listrik.
·         Angin membantu proses penyerbukan (contoh: padi, jagung dan mangga).
·         Angin membantu proses penyebaran biji pada tumbuhan (contohnya kapuk, ilalang dan randa tapak). Ciri-ciri biji yang menyebar dengan bantuan angin adalah ringan, kecil, mempunyai sayap dan berambut.

Manfaat energi alternatif:
  • Pemanfaatan energi pasang. Gravitasi bulan dan matahari menyebabkan permukaan air laut pasang, ketika terjadi pasang naik air ditahan dalam bendungan di dekat muara atau teluk dan ketika terjadi pasang turun, aliran air akan menggerakkan turbin pada generator.
  • Energi panas dan matahari dapat dimanfaatkan manusia untuk membantu proses pengawetan makanan misalnya pada proses pembuatan ikan asin di daerah nelayan pinggir pantai.
  • Energi matahari dapat dimanfaatkan untuk mobil atau peralatan berenergi tenaga surya. Energi matahari sedang dikembangkan sebagai sumber energi alternatif masa depan yang ramah lingkungan.
  • Dalam kehidupan sehari-hari manusia memanfaatkan energi panas matahari dan angin untuk membantu mengeringkan pakaian yang dijemur.
  • Energi angin dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir angin pada pembangkit listrik tenaga angin.
  • Energi panas bumi dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi. Contoh: pembangkit listrik di Kamojang dan dataran tinggi Dieng.
  • Energi air dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin pada generator pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Nah, mulai dari sekarang diusahakan kita untuk menggunakan energy-energy alternative yang telah tersedia dan tentunya sangat aman dan ramah lingkungan. Agar lingkungan kita dapat terjaga untuk masa yang akan datang.


Sumber-sumber :
http://www.zakapedia.com/2014/04/sumber-energi-alternatif-dan-manfaatnya.html#
http://www.energitoday.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar